Sejarah Desa Mentoro

SEJARAH DESA

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Mentoro. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut.

Desa Mentoro terdiri dari 4 dusun yang masing-masing dipimpin oleh seorang kepala dusun. Masing-masing dusun mempunyai mempunyai legendanya masing-masing.

 Dusun Mentoro

Konon pada jaman kerajaan Majapahit  ada musafir dari Madura sebagai Pejabat kerajaan (demang). Kebetulan demang tersebut singgah di sebelah barat desa Sokosari. Disitulah Beliau mendirikan padepokan  bersama temannya. Pada saat itulah desa yang ditempatinya disebut dengan Mentoro yang berarti Man berarti manusia  Thoro berasal dari kata Thoriqot berarti jalan. Digabungkan menjadi Mentoro yang artinya orang hidup menuju jalan yang benar.

 Dusun Tanjung

Konon pada Kata Tanjung berasal dari nama bunga. Kata Tan berarti hidup, Jung berarti kedamaian, sehingga jika digabung menjadi hidup yang penuh kedamaian.

Dusun Singkil

Konon pada Kata Singkil berasal dari kata Sing berarti menolak, Kil yang berarti menolak, sehingga jika digabung kata Singkil menjadi menolak semua bahaya apapun (tolak balak).

Dusun Sumberdadi

Konon di Sumberdadi pernah lewat seorang musafir yang datang ke daerah tersebut dan kesulitan air, akhirnya beliau membuat lubang tanah dan ternyata lubang tersebut mengeluarkan sumber air. Akhirnya dusun tersebut disebut dengan nama Sumber Dadi yang berarti sumber yang sudah menjadi untuk kehidupan masyarakat.

Sampai dengan sekarang desa Mentoro pernah dipimpin oleh beberapa Lurah/Kades sebagai berikut:

  • Tahun ……. – ……., Desa Mentoro dipimpin oleh Dasimo
  • Tahun ……. – 1998, Desa Mentoro dipimpin oleh Manoesi
  • Tahun 1990– 1999, Desa Mentoro dipimpin oleh Sudirman
  • Tahun 1999– 2007, Desa Mentoro dipimpin oleh Sudirman
  • Tahun 2007– 2013, Desa Mentoro dipimpin oleh Matharis Rokhman

Tahun 2013– Sekarang, Desa Mentoro dipimpin oleh Matharis Rokhman

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)